selamat datang di website ku..... website sederhana yang mengulas tentang pernikahan .... dan mudah-mudahan ini bisa membantu anda dalam pelaksanaan event weddding anda

Cari DISINI


Wiji dadi

Mempelai pria menginjak telur ayam hingga pecah, lalu mempelai wanita akan membasuh kaki mempelai pria dengan air bunga. Seanjutnya mempelai pria menggandeng mempelai wanita untuk berdiri disampingnya.
NB : (Proses ini melambangkan seorang suami yang bertanggung jawab terhadap keluarganya, dan istri yang taat melayani suaminya).

Perlengkapan yang dipakai yaitu ranupada yang terdiri gayung, bokor, baki, bunga setaman.Ranupada berarti ‘tempat mencuci kaki’, ranupada ini simbol tanda bakti istri kepada suami. Gayung dipakai mempelai wanita untuk mengambil air dari bokor, melambangkan supaya istri diberi kemudahan untuk melayani suami.Bokor dipakai pada saat upacara wijikan sebagai tempat air bunga setaman.Bokor terbuat dari tembaga atau logam yang kuat, maka dari itu bokor tidak mudah bocor.Bokor mempunyai makna simbolik kekuatan. Bunga setaman melambangkan keharuman cita-cita mengarungi bahtera rumah tangga.Baki digunakan sebagai alas dalam wijikan atau memecah telur, mengandung makna jika sudah resmi menjadi suami istri maka segala sesuatu dilakukan secara bersama-sama.

PROSESI SELENGKAPNYA


Diambil dari beberapa sumber dan informasi





PENCARIAN TERATAS DARI BLOG INI

TERBARU

gallery arsip pernikahan

  pelaksanaan wedding sebelum pandemi arsip by yusi wedding